Situasi Kerja di Perusahaan Tambang

Kebanyakan pekerjaan pertambangan mengharuskan Anda untuk hidup di kamp pertambangan. Tergantung pada jadwal, tidak jarang Anda harus menghabiskan empat minggu berturut-turut di daerah pertambangan yang terpencil. Jika Anda ingin mendapatkan pekerjaan di tambang, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana rasanya hidup di lokasi tambang. Artikel ini membahas apa yang diharapkan dari kehidupan di daerah tambang bila Anda diterima kerja di perusahaan tambang: pro dan kontra, ditambah daftar untuk membawa keberhasilan bagi karir dan kerja Anda.

Hal Positif Mengenai Kehidupan di Daerah Tambang 

Perusahaan pertambangan membuat upaya besar untuk menjaga karyawan tetap nyaman dan bahagia. Dengan menyediakan kondisi hidup yang layak, perusahaan menarik lebih banyak pekerja dan mengurangi tingkat turnover. Akibatnya ada beberapa hal positif tentang hidup di sebuah daerah pertambangan. Ini termasuk:
  • Fasilitas Olah Raga - Karyawan didorong untuk menjalankan gaya hidup aktif untuk kebugaran tubuh dan kesehatan mental mereka. Sebagian besar perusahaan menyediakan pusat kebugaran lengkap yang bebas digunakan oleh warga kamp untuk dimanfaatkan pada setiap kesempatan sepanjang hari. Perusahaan tambang yang lebih besar juga mungkin memiliki kolam renang, lapangan basket, padang golf, lapangan sepak bola, lapangan bowling dan banyak lagi.
  • Makanan yang Disediakan untuk Anda - Selalu ada aula di perusahaan/lokasi tambang di mana karyawan dapat sarapan, makan siang dan makan malam. Ini berarti makanan tersedia setiap saat sepanjang hari.
  • Layanang Kebersihan - Akomodasi Anda dibersihkan 2-3 kali per minggu saat Anda sedang bekerja. Ketika Anda menyelesaikan pekerjaan sehari-hari, Anda tidak perlu khawatir tentang makanan dan tugas membersihkan rumah - Anda bebas untuk bersantai.
  • Pay TV plus Telepon / Koneksi Internetn - Hampir semua kamp menyediakan Pay TV ditambah koneksi telepon dan internet. Hal ini memungkinkan Anda untuk tetap berhubungan dengan orang-orang di rumah serta tetap terhibur saat kesepian.
  • Biaya Hidup Rendah - Anda dipaksa menabung meskipun beberapa daerah tambang memiliki banyak fasilitas belanja dan liburan, karena hanya ada sedikit kesempatan untuk berbelanja. Pekerja mendapatkan uang untuk hari kerja yang panjang di tambang, tetapi tidak dapat membuang uang untuk hura-hura atau makan di luar. Banyak orang melihat "tabungan paksa" ini sebagai keuntungan besar untuk mencapai keseimbangan keuangan mereka secara keseluruhan.
Ingatlah bahwa perusahaan tambang kecil mungkin tidak memiliki semua fasilitas yang tercantum di atas. Meskipun, bahkan perusahaan tambang terkecil akan memiliki peralatan gimnasium dan makanan yang disediakan untuk Anda.

Hal Negatif Mengenai Kehidupan di Daerah Tambang 

Kehidupan kamp tambang memang bukan untuk semua orang. Kesulitan yang paling jelas adalah tekanan emosional berada jauh dari teman dan keluarga.
  • Hari Kerja yang Panjang - Kebanyakan pekerja tinggal di tempat kerja 7 hari dalam seminggu, 12 jam sehari. Bekerja 84 jam dalam seminggu bisa jadi sangat melelahkan, terutama jika Anda terbiasa dengan standar 40 jam kerja dalam seminggu.
  • Panas dan Debu - Pertambangan biasanya terletak di daerah terpencil, daerah panas. Debu bisa menjadi hal yang  menjengkelkan dan intens. Musim panas menjadi masalah terutama bagi pekerja luar ruangan.
  • Makanan - Makanan dimasak dalam porsi besar dan biasanya disajikan di aula. Tidak peduli seberapa baik kepala koki, makanan kamp tidak pernah menyamai makanan yang dimasak di rumah.
  • Rutinitas - Kebanyakan pekerja mengikuti rutinitas yang ketat. Dapat dimulai dari dini hari pada pukul 04:00, diikuti oleh hari kerja yang panjang dan waktu tidur awal (19:00). Gaya hidup berulang ini bisa membuat frustasi.
  • Kota Terdekat yang Jauh - Lokasi kamp pertambangan yang terpencil dapat berarti sulitnya mencapai kota terdekat. Sulit mencari tempat hiburan saat Anda ingin beristirahat.
  • Pemantauan Alkohol yang Ketat – Pergeseran sift sering dimulai dengan breafing singkat atau meeting sebelum kerja, yang mungkin termasuk pengujian alkohol. Meskipun mungkin ada bar atau kedai di daerah tambang, pekerja harus membatasi asupan alkohol mereka agar memenuhi standar kesehatan dan keselamatan.

Apakah Kehidupan Tambang Cocok untuk Anda?


Seberapa Anda menikmati kehidupan di daerah tambang akan tergantung pada kepribadian dan keadaan pribadi Anda. Seseorang yang single mungkin lebih menikmati kehidupan di kamp tambang dibandingkan orang yang sudah menikah yang akan jauh dari pasangan mereka. Orang tua dengan anak-anak biasanya menghadapi keadaan yang lebih sulit lagi.

Meskipun demikian, bekerja di tambang dapat menghasilkan kepuasan karir yang baik. Selain itu, pekerja bisa mendapatkan perbaikan gaya hidup secara keseluruhan sebagai akibat dari gaji yang luar biasa. Jika Anda dapat membuat keseimbangan kerja / hidup yang tepat dengan gaji besar dan prosepek karir yang baik, kehidupan di daerah tambang bisa menjadi pengalaman yang sungguh positif.




IndoEnergi Home