Tips Cara Mengelola Reputasi Pribadi Anda

Reputasi pribadi yang baik merupakan aset tak ternilai yang meningkatkan kualitas CV Anda dan membuka pintu untuk kesuksesan karir Anda. Namun, sekali ternoda, nama baik Anda mungkin tidak akan pernah pulih. Membangun dan melindungi reputasi Anda sepenuhnya ada di tangan Anda sendiri.

Apakah Reputasi Pribadi Itu?
Reputasi pribadi Anda adalah keseluruhan pendapat orang lain tentang Anda. Hal yang mencerminkan segala pandangan orang tentang Anda dan pengalaman ketika mereka berinteraksi dengan Anda.

Tiga Alasan Mengapa Reputasi Pribadi itu Penting
Mencari pekerjaan. Seorang perekrut tenaga kerja potensial dapat mempelajari reputasi Anda sebelum bertemu dengan Anda secara pribadi. Apa yang mereka dengar akan menentukan apakah mereka memutuskan untuk mewawancarai Anda atau tidak.
Referensi. Ketika mantan pimpinan Anda memberikan referensi verbal, mereka cenderung memberikan dengan jelas, penilaian jujur mengenai Anda.
Pekerjaan Anda saat ini. Apakah Anda pekerja baru atau berada pada tingkat eksekutif tinggi, reputasi pribadi Anda mempengaruhi prospek promosi Anda dan kesediaan rekan-rekan untuk bekerja dengan Anda.

Cara Membuat dan Menjaga Reputasi Pribadi Anda
Bertindak dengan integritas. Ini berarti "melakukan hal yang benar", bersikap jujur dan melaksanakan janji-janji Anda. Misalnya, jika Anda berpikir untuk menipu pimpinan Anda, pikirkan lagi. Bila ketahuan, reputasi Anda langsung compang-camping.
Serius dalam pekerjaan Anda. Selalu berusaha untuk menunjukkan bahwa Anda teliti, berkomitmen dan antusias akan pekerjaan Anda. Anda berpeluang untuk mendapatkan promosi atau tawaran pekerjaan yang lebih baik bila orang tahu Anda memiliki sikap yang tepat.
Berhati-hatilah di dunia online. Website adalah salah satu tempat pertama yang dilihat oleh konsultan perekrutan dan pihak perusahaan ketika memeriksa profil Anda. Apa pun yang Anda publikasikan di web, terutama pada media sosial, bisa menghantui Anda selamanya.
Hormati orang lain. Tetap tenang, bahkan dalam situasi sulit, akan meningkatkan reputasi Anda. Juga ingat, dunia ini kecil. Orang yang Anda singgung hari ini bisa menjadi orang yang sama yang akan membaca CV Anda ketika Anda melamar pekerjaan di tahun depan.
Jadilah seorang networker. Jika Anda ingin orang lain menyadari reputasi baik Anda, Anda harus terhubung ke jaringan mereka. Jaringan dan reputasi saling berkaitan, karena lebih mudah untuk membuat kontak baru ketika Anda memiliki reputasi baik.


IndoEnergi Home