Tips Cara Menyeimbangkan Dunia Kerja dan Kehidupan Sehari-hari

Keseimbangan dunia kerja dan kehidupan sehari-hari merupakan hal yang berbeda pada setiap orang. Bagi sebagian orang, itu berarti menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak-anak. Bagi yang lain, itu berarti menikmati liburan internasional atau bepergian ke luar negeri. Dalam beberapa hal, keseimbangan dunia kerja - kehidupan sehari-hari merupakan tujuan umum di antara para pencari kerja. Karyawan dan perusahaan sama-sama menyadari manfaat ketika seorang staf merasa senang. Jika Anda sedang mencari perbaikan keseimbangan dunia kerja – kehidupan sehari-hari, kami sarankan Anda mengambil langkah-langkah proaktif sebagai berikut untuk hasil yang memuaskan.

Langkah 1 - Cari Sinergi

Sinergi antara karir Anda dan nilai-nilai inti yang Anda anut sangat penting untuk keseimbangan dunia kerja - kehidupan yang memuaskan. Seperti kata pepatah "Cari pekerjaan yang Anda cintai dan Anda tidak akan pernah bekerja lagi." Tiba di tempat kerja dengan bersemangat untuk menghadapi tantangan hari itu dan bekerja dengan wajah ramah membawa kenikmatan setiap hari dan kepuasan hidup Anda. Jika Anda bekerja dengan gelisah, tidak menikmati tugas-tugas harian Anda dan tidak suka tempat kerja Anda, setiap hari akan menguras tenaga. Anda tidak akan tampil baik di tempat kerja dan Anda mungkin tidak akan bergembira setelah jam kerja.

Kunci untuk menciptakan sinergi dunia kerja - kehidupan sehari-hari adalah dengan memilih pekerjaan yang sangat sejalan dengan nilai-nilai inti Anda. Jika Anda menghargai penyembuhan alami, kehidupan alami, olah raga luar ruangan dan meditasi, pekerjaan penjualan telemarketing produk farmasi akan melemahkan dan mengganggu Anda. Jika Anda berkepribadian gembira, menyenangkan, senang bercakap dan interaksi sesama manusia, pekerjaan sebagai penulis teknis mungkin akan membuat Anda merasa kesepian dan tertekan.

Ketika mengevaluasi peluang kerja, tuliskan nilai-nilai inti Anda. Perjelas tentang apa yang anda sukai, tidak suka, tujuan dan aspirasi. Pertimbangkan apa yang penting bagi Anda, apa yang memotivasi Anda, bagaimana Anda ingin bekerja dan jenis orang yang Anda akan bekerja dengan baik dengan mereka. Apakah Anda ingin bekerja di kantor atau di luar ruangan? Apakah Anda ingin mengelola orang, rapat dan bekerja sepanjang jam, atau lebih memilih untuk bekerja mandiri?

Sinergi antara karir dan kehidupan pribadi akan memberikan energi dan semangat hidup yang berlangsung di luar jam kerja. Carilah peran pekerjaan yang cocok dengan Anda. Peran, tempat kerja dan hubungan dengan rekan kerja semua berkontribusi terhadap sinergi keseluruhan keseimbangan kehidupan dan kerja Anda.

Langkah 2 - Tambahkan Fleksibilitas

Jadwal tetap 8 pagi – 4 sore sering menghentikan kita dari melakukan hal-hal yang kita cintai. Untungnya, kemajuan teknologi memberikan Anda kesempatan untuk meningkatkan fleksibilitas di tempat kerja. Komputer, laptop, ponsel pintar dan internet nirkabel membuat mudah bagi orang untuk menyelesaikan setidaknya beberapa tugas pekerjaan dari rumah. Jika Anda merasa peningkatan fleksibilitas akan meningkatkan keseimbangan kehidupan kerja Anda, diskusikan dengan perusahaan Anda tentang:
• Waktu Libur Pengganti - Mungkin Anda bisa bekerja satu jam tambahan Senin-Kamis untuk ditukar dengan libur penuh satu hari per dua minggu. Total jam kerja Anda secara keseluruhan akan sama per dua minggu, tetapi Anda memiliki waktu sepanjang hari untuk diri sendiri.
• Bekerja dari Rumah - Pertimbangkan meminta atasan Anda untuk opsi bekerja beberapa jam dari rumah. Banyak tugas yang bisa dengan mudah diselesaikan dari rumah, termasuk menjawab email, membuat panggilan telepon, pelaporan, administrasi dan dokumentasi. Untuk standar 8 jam kerja sehari, Anda bisa bekerja 7 jam di siang hari, menyelamatkan satu jam tersisa untuk menyelesaikan tugas di rumah di malam hari. Perubahan sederhana memungkinkan Anda untuk menikmati satu jam tambahan sinar matahari di siang hari.
• Fleksibilitas waktu mulai / akhir - Apakah cocok bagi Anda untuk memulai kerja pada pukul 6:30 am dan berakhir pada pukul 2:30 pm, tepat pada waktunya untuk menjemput anak-anak dari sekolah? Selama produktivitas Anda tidak terpengaruh dan Anda dapat menghadiri semua pertemuan tatap muka yang diperlukan, banyak perusahaan yang memungkinkan Anda bekerja dengan jam kerja yang fleksibel.
Apakah Anda berharap untuk menikmati lebih banyak sinar matahari, olahraga ekstra, menjadi relawan di masyarakat atau hanya perlu untuk menjemput anak-anak dari sekolah, jam kerja yang fleksibel dapat memberikan bantuan yang Anda butuhkan. Anda akan merasakan keseimbangan kehidupan kerja yang lebih besar ketika Anda memiliki waktu luang untuk memenuhi kebutuhan kerja dan komitmen pribadi.

Langkah 3 - Desain Hari Anda

Sangat penting untuk menyadari bahwa keseimbangan kehidupan kerja jarang terjadi secara kebetulan. Jika Anda merasa terlalu banyak bekerja, stres dan frustrasi oleh kurangnya 'waktu', saatnya untuk mulai merancang rencana dunia kerja - kehidupan sehari-hari Anda. Berikut beberapa ide untuk Anda mulai:
Jadwal Downtime - Time slot bisa dialokasikan untuk bekerja, rapat dan pertemuan, jadi mengapa tidak menjadwalkan downtime pada kalender Anda juga? Misalnya, Anda bisa menjadwalkan downtime setiap Jumat malam atau Minggu sore. Bayangkan bila Anda telah menjadwalkan waktu luang dari pukul 01:00 sampai 08:00 setiap hari Minggu. Anda bisa pergi ke bioskop, berjalan-jalan, bermain golf, berjalan di pantai atau menghabiskan waktu dengan teman dekat. Orang-orang yang dengan sengaja menjadwalkan downtime merasa lebih santai selama hari kerja.
• Melarikan Diri dari Pencuri Waktu – Orang-orang, komputer dan teknologi bisa menjadi pencuri waktu. Pernahkah Anda memperhatikan seseorang secara teratur mengajak Anda bergosip? Apakah Anda menghabiskan berjam-jam di Facebook atau browsing Internet? Kegiatan tak produktif dapat menguras waktu Anda. Anda bahkan mungkin menemukan diri Anda tinggal di tempat kerja lebih lama untuk menebus jam terbuang. Sangat penting untuk menghindari pencuri waktu segera setelah Anda mengidentifikasi mereka. Beberapa menit waktu non-produktif di tempat kerja adalah hal yang normal, tapi banyak jam hilang menyebabkan produktivitas rendah, stres dan kelelahan.
Outsource - Jika Anda bekerja berjam-jam, sangat sulit untuk menemukan waktu untuk memasak, membersihkan rumah, mencuci, menyetrika, memelihara dokumen pribadi dll. Bila memungkinkan, sewa orang untuk membantu Anda menyelesaikan tugas-tugas ini. Mempekerjakan orang  bisa menghemat dua sampai tiga jam per minggu, yang memungkinkan Anda untuk menginvestasikan waktu untuk suatu kegiatan, teman atau keluarga yang Anda cintai.
• Disconnect - Teknologi hebat yang memungkinkan Anda untuk bekerja dari rumah, juga dapat membanjiri kehidupan pribadi Anda. Jika Anda selalu terhubung ke internet, Anda mungkin merasa seperti bekerja 12 jam sehari, walaupun pada kenyataannya Anda hanya bekerja produktif selama dua atau tiga jam pada hari itu. Ide baik untuk mematikan ponsel Anda setelah jam kerja, atau setidaknya membuatnya silent. Banyak ponsel pintar memungkinkan Anda untuk membuat 'profil' terpisah untuk kegiatan kerja dan rumah. Dengan beralih ke profil pribadi setelah jam kerja, Anda akan menghindari godaan untuk menjawab email kerja dan menerima panggilan klien. Selain itu, luangkan waktu untuk menjauh dari komputer dan habiskan waktu dengan teman dan keluarga. Jaringan sosial seperti Facebook bisa menyenangkan, tetapi tidak mungkin sosial media menggantikan koneksi yang  nyata.

Perhatikan bahwa setiap ide ini membutuhkan langkah-langkah proaktif. Keseimbangan dunia kerja dan kehidupan sehari-hari Anda harus didesain. Jangan berharap semuanya berlangsung sempurna tanpa sedikit usaha.

Langkah 4 - Olahraga

Olahraga meningkatkan tingkat energi Anda secara keseluruhan dan meningkatkan kemampuan Anda untuk berkonsentrasi. Bahkan, begitu banyak manfaat olahraga membuatnya menjadi bagian yang tidak dapat dinegosiasikan dengan Anda. Anda akan lebih produktif di tempat kerja dan bahagia setelah jam kerja. Anda akan merasa lebih baik, tampil lebih baik dan memiliki lebih banyak energi untuk berkontribusi kepada orang-orang di sekitar Anda.

Jika Anda berjuang untuk berolahraga secara teratur, itu mungkin karena Anda tidak menikmati olahraga tersebut. Anda tidak perlu berkeringat selama berjam-jam atau melakukan latihan beban intens. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda berolahraga lebih sering:
Pilih olahraga yang nyaman - Berjalan dengan anjing, berenang, peregangan atau bersepeda santai cukup untuk meregangkan otot dan mendapatkan udara segar.
• Melakukan variasi - Beberapa orang menikmati olahraga rutin lebih memilih untuk melakukan hal yang sama setiap hari. Orang lain menyukai variasi dan tantangan. Jika Anda suka variasi, jaga motivasi dengan melakukan beberapa jenis kegiatan olahraga.
• Dengarkan tubuh Anda - Suatu hari Anda akan merasa ingin jogging, hari-hari lain Anda akan ingin untuk berjalan-jalan santai. Sangat penting untuk mendengarkan tubuh Anda. Jalankan ketika Anda punya energi dan Anda akan merasa segar setelah itu. Anda akan merasa lebih baik setiap selesai olahraga, tidak peduli seberapa ringan.
• Gunakan Commute Anda - Pertimbangkan olahraga sewaktu berangkat ke tempat tugas harian Anda. Tinggalkan mobil Anda di rumah dan gunakan sepeda ke tempat kerja. Menggunakan transportasi umum akan meningkatkan jarak berjalan Anda setiap hari. Jika Anda tinggal terlalu jauh untuk berjalan, Anda bisa jogging atau bersepeda ke tempat kerja, parkir lebih jauh atau turun dari kereta api atau bus di tempat yang lebih jauh dari biasanya.
Dalam mengejar keseimbangan kehidupan kerja yang ideal, tidak perlu untuk melakukan tantangan fisik melelahkan. Keep it simple. Fokus pada kesenangan, relaksasi, gerakan dan udara segar.

Langkah 5 - Menemukan Semangat

"Semangat adalah sinonim praktis untuk kebahagiaan, dan justru inilah yang harus Anda kejar." Ini adalah obat untuk semua. Sangat mudah untuk melihat bagaimana perasaan bersemangat tentang pekerjaan akan menciptakan kepuasan kerja-kehidupan sehari-hari.

Temukan kegembiraan di tempat kerja dengan terlebih dahulu memilih pekerjaan yang Anda cintai. Selanjutnya, tuliskan tujuan yang Anda sukai. Bekerja ke arah tujuan tersebut dan hargai diri Anda sendiri ketika Anda mencapainya. Pelihara tujuan yang memotivasi Anda, menggairahkan Anda dan memberi Anda keinginan untuk maju dan berprestasi. Idealnya, Anda akan melihat ke depan setiap hari, menikmati rekan kerja Anda dan merasa positif tentang kontribusi kerja Anda kepada masyarakat.

Menyempurnakan Keseimbangan Kerja dan Kehidupan Sehari-hari

Pada kenyataannya, keseimbangan dunia kerja - kehidupan sehari-hari yang sempurna bukan hasil dari pemisahan waktu antara karir dan kehidupan pribadi. Sebaliknya, keseimbangan dunia kerja - kehidupan sehari-hari datang ketika Anda mengalami kebahagiaan secara keseluruhan di tempat kerja yang berpengaruh ke kehidupan pribadi Anda.

Pengusaha menyadari hal ini juga. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa terlalu banyak bekerja, staf yang tidak bahagia menghasilkan produktivitas yang buruk. Demikian juga, ketika karyawan bahagia, ada peningkatan yang nyata dalam produktivitas, hasil dan semangat kerja staf. Merupakan kepentingan setiap perusahaan untuk menjaga staf tetap bahagia dan sehat.

Apakah ya atau tidak perusahaan Anda menawarkan manfaat ini, penting bagi Anda untuk mengambil pendekatan proaktif untuk keseimbangan dunia kerja - kehidupan sehari-hari. Cari karir bermakna yang terintegrasi dengan baik dengan nilai-nilai inti Anda. Ikuti lima langkah yang diuraikan di atas dan Anda akan mulai memenuhi keseimbangan dunia kerja - kehidupan sehari-hari dalam mengejar pendapatan dan gaya hidup bahagia.


IndoEnergi Home