Tips Cara Negosiasi Gaji untuk Pekerjaan Baru

Negosiasi gaji untuk pekerjaan baru bisa menjadi saat yang menggelisahkan, bahkan bagi kandidat berpengalaman. Orang sering salah menganggap perusahaan memiliki segala kekuasaan. Untungnya, negosiasi gaji bukan permainan tebak menebak - Anda tidak perlu menebak angka yang benar untuk mendapatkan pekerjaan. Sebaliknya, negosiasi gaji merupakan cara yang efektif bagi Anda dan atasan Anda untuk membuat kontrak kerja win-win solution. Ikuti langkah-langkah sederhana berikut dan Anda akan membuatnya lebih mudah daripada yang Anda bayangkan.

Langkah 1 - Persiapan

Sebuah persiapan kecil akan memberi Anda kepercayaan diri yang sangat besar ketika saatnya tiba untuk menegosiasikan gaji awal Anda. Persiapkan diri dengan baik dan Anda akan melalui negosiasi gaji dengan aman dan memuaskan. Berikut cara untuk mempersiapkan diri Anda:
Pahami persyaratan kerja. Yakinkan diri Anda telah memahami segala sesuatu yang mereka butuhkan dari Anda dalam kaitan dengan posisi ini. Jangan sampai Anda mendapatkan kompensasi rendah. Anda juga harus menghindar dari mengharapkan terlalu banyak bayaran untuk peran junior dengan tanggung jawab kecil.
Teliti nilai pasar Anda. Kenali gaji rata-rata untuk posisi Anda dalam industri tertentu. Baca situs pekerjaan, hasil survei gaji dan iklan surat kabar untuk posisi yang sama. Anda juga dapat mengumpulkan informasi dengan membahas gaji yang diharapkan dengan teman sebaya atau konselor bimbingan karir. Mengetahui nilai pasar Anda akan membantu Anda mengukur kisaran gaji yang mungkin akan ditawarkan.
Teliti kinerja terbaru perusahaan. Jika Anda tahu perusahaan telah melaporkan rekor keuntungan dan pertumbuhan, Anda dapat meminta bayaran lebih tinggi dari nilai pasar Anda.
Tahu profesionalitas Anda. Keterampilan pribadi Anda, pengalaman dan kualifikasi dapat membuat Anda bernilai lebih daripada calon yang lain. Jika Anda sudah mahir dalam perangkat lunak, Anda akan menyelamatkan ongkos pelatihan dan biaya pendidikan yang tinggi. Jika Anda memiliki pengalaman yang signifikan dan hasilnya telah terbukti, perusahaan biasanya akan membayar premi untuk mempekerjakan Anda. Lakukan artikulasi nilai profesional Anda. Saat negosiasi, Anda harus bisa menjelaskan mengapa Anda layak mendapat uang ekstra.
Tetapkan batas bawah Anda. Tetapkan tingkat upah minimum yang bersedia Anda terima.
Bila Anda telah memutuskan angka gaji dasar yang akan Anda terima, tambahkan 10-20% untuk membuat tawaran awal. Ingat, jumlah gaji pertama yang Anda sebutkan biasanya akan menjadi jumlah tertinggi yang akan dibahas - Anda hanya bisa menegosiasi turun dari angka itu. Jangan malu untuk mengatur sedikit lebih tinggi dari yang Anda butuhkan.

Langkah 2 - Negosiasi

Anda telah berhasil sampai ke akhir proses aplikasi, jadi yakinlah perusahaan ingin mempekerjakan Anda sebagaimana Anda ingin untuk dipekerjakan. Perusahaan perlu mengetahui bahwa mereka mendapatkan nilai yang sesuai untuk uang mereka. Membuat kesepakatan yang baik penting untuk kedua belah pihak. Berikut adalah beberapa tips untuk menegosiasi gaji Anda.
Jangan jadi yang pertama menyebutkan jumlah. Bila memungkinkan, tunggu calon pimpinan Anda untuk menyebutkan jumlah pertama kali. Jika Anda diminta untuk menyatakan kisaran gaji yang Anda harapkan di awal diskusi, belokkan pertanyaan kembali kepada mereka. Cobalah untuk mencari tahu apa yang mereka tawarkan. Sebagai alternatif, katakan bila Anda akan mempertimbangkan setiap tawaran yang masuk akal. Biarkan pilihan Anda tetap terbuka. Setelah Anda menyebutkan angka, Anda akan berlabuh ke jumlah itu. Hindari mengunci diri terlalu dini.
Mulai dari jumlah yang tinggi. Jika Anda ditekan untuk membuat tawaran pertama, nyatakan di atas kisaran yang Anda harapkan. Ini dapat membantu untuk mengetahui fleksibilitas jumlah gaji Anda.
Komunikasikan nilai Anda. Bersiaplah untuk menyatakan kembali poin penting dari wawancara Anda. Jangan takut untuk menjual diri. Ingatkan pihak perusahaan manfaat yang Anda akan bawa ke perusahaan, hasil di masa lalu Anda dan apa yang Anda harapkan untuk dicapai di posisi baru tersebut. Setelah berhasil melewati proses wawancara, Anda harus berlatih dengan baik untuk menjadi 'penjual lapangan'.
Luangkan waktu untuk mempertimbangkan setiap tawaran. Jika pihak perusahaan membuat tawaran pertama, selalu meminta waktu untuk memikirkannya. Calon pekerja sering tergoda untuk mengatakan ya atau tidak terlalu dini. Bahkan jika tawaran itu tampaknya tinggi (seperti mimpi yang menjadi kenyataan), Anda masih perlu waktu untuk memeriksa rincian lainnya. Anda tentu tidak ingin menerima tawaran terlalu dini hanya untuk menemukan bahwa 50% dari gaji berbasis kinerja. Demikian juga, jika tawaran itu terlalu rendah, jangan mengatakan “tidak” terlalu cepat. Penelitian lebih lanjut dapat mengungkapkan bonus ekstra dan tunjangan yang mengimbangi gaji yang rendah.

Langkah 3 - Tinjau Penawaran tersebut

Setelah Anda menerima tawaran, luangkan waktu untuk meninjau tawaran dengan benar. Jangan melihat jumlahnya saja. Ada banyak faktor lain yang perlu diperhitungkan seperti remunerasi secara keseluruhan selain gaji pokok Anda. Pertimbangkan nilai manfaat yang mungkin termasuk dalam paket gaji Anda, misalnya:
  • Kesempatan untuk promosi
  • Kursus pelatihan gratis
  • Pembayaran biaya relokasi
  • Imbalan kerja (mobil perusahaan, gym, perawatan anak, program kesehatan, dll)
  • Peluang travel
  • Bonus kinerja
  • dll
Selain item di atas, refleksikan nilai manfaat lainnya. Manfaat tersebut mungkin termasuk jarak dengan rumah Anda, pekerjaan yang rendah stres, tanggung jawab mudah dan waktu yang fleksibel.

Catatan Penting - Perhatikan apakah dana pensiun Anda termasuk dalam gaji pokok, atau apakah ini akan dibayarkan di samping gaji Anda. Anda juga harus menyelidiki apakah Anda harus membayar pajak tunjangan dan bagaimana hal itu akan berdampak pada gaji bersih Anda.

Langkah 4 - Penawaran Lanjut (Opsional)

Setelah review menyeluruh, putuskan apakah Anda puas dengan tawaran tersebut. Jika ya, lanjutkan ke Langkah 5 di bawah ini. Jika tidak, Anda akan perlu mempersiapkan tawaran lanjut.

Sebagaimana dibahas di atas, Anda dapat menegosiasikan banyak faktor selain gaji pokok. Jika Anda ingin bayaran lebih tapi menduga calon perusahaan Anda tidak akan menyetujui kenaikan, coba bernegosiasi mengenai item-item lainnya yang secara tidak langsung akan berarti uang lebih di saku Anda.

Semua faktor di tahap 3 di atas dapat dinegosiasikan. Jadilah kreatif. Seimbangkan karir Anda dan tujuan gaya hidup. Mengapa tidak meminta perusahaan untuk memberikan pelatihan profesional atau liburan ekstra setiap tahun?

Langkah 5 - Tolak atau Terima

Jika Anda tidak dapat mencapai kesepakatan dengan calon perusahaan, Anda memiliki hak untuk menolak tawaran itu. Pastikan dilakukan dengan anggun dan sertakan ucapan terima kasih dan penghargaan - Anda tidak pernah tahu kapan Anda mungkin berpapasan dengan mereka di masa depan. Kesopanan adalah kunci dalam menjaga hubungan industri yang baik.

Jika Anda senang dengan gaji yang dinegosiasikan, dapatkan kesepakatan secara tertulis. Anda harus memastikan setiap item yang berhasil dinegosiasikan telah didokumentasikan dalam surat kesepakatan Anda. Jika surat terlihat baik, setujui pekerjaan baru Anda. Beri ucapan selamat kepada diri Anda sendiri atas pekerjaan yang baru!



IndoEnergi Home