Tips Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja: Seperti Apa Anda Lima Tahun ke Depan?

Ini pertanyaan sulit saat wawancara kerja. Lima tahun adalah waktu yang lama. Banyak hal dapat berubah dalam periode itu dan sulit untuk melihat seperti apa Anda di saat itu. Jadi bagaimana Anda memberikan jawaban persuasif namun jujur? Seperti biasa, persiapan yang baik adalah kunci untuk mengatasi pertanyaan-pertanyaan sulit dalam wawancara kerja. Artikel ini akan membantu Anda menyusun respons Anda untuk pertanyaan ini.

Memahami Mengapa Mereka Bertanya
Ada sejumlah alasan Pewawancara mengajukan pertanyaan ini. Bukan saja mereka tertarik pada rencana karir Anda, tetapi juga pertanyaan-pertanyaan mendasar tentang Anda:
  • Dapatkah posisi ini memenuhi aspirasi karir Anda?
  • Apakah Anda self-driven dan fokus?
  • Apakah Anda menetapkan tujuan?
  • Apakah Anda cukup serius untuk berkomitmen jangka panjang dengan perusahaan?
  • Apakah Anda peduli tentang karir Anda?
  • Apakah anda antusias tentang industri Anda?
  • Apakah Anda memiliki potensi untuk pertumbuhan dan promosi?
Untungnya, Anda tidak perlu menjelaskan strategi karir Anda secara mendetail. Sebaliknya, Anda harus menangani pertanyaan ini dengan tiga pendekatan berikut.

1. Konfirmasi Ketertarikan Jangka Panjang Anda pada Posisi Tersebut
Pewawancara Anda akan mengamati apakah Anda termotivasi menuju posisi itu. Beritahu mereka tentang minat Anda dalam posisi, perusahaan, dan industri tersebut. Hal-hal berikut menunjukkan ambisi jangka panjang, jadi pastikan untuk menyebutkan mereka dalam jawaban Anda:
  • Belajar Mandiri. "Saya baru saja menyelesaikan / mulai pendidikan dasar di "XYZ" dalam rangka untuk memajukan karir saya. Saya berkomitmen untuk menerapkan pengetahuan saya di lapangan selama lima tahun ke depan. "
  • Tantangan baru, kesempatan baru. "Saya gembira dengan tantangan baru ini, ini adalah kesempatan besar untuk mengembangkan kemampuan saya dan memberikan kontribusi positif bagi Perusahaan XYZ selama lima tahun ke depan."
  • Tujuan keseluruhan. "Selama lima tahun berikutnya, saya ingin mengembangkan keterampilan kepemimpinan saya dan pindah ke posisi manajemen. Saya melihat posisi ini akan memperluas tanggung jawab saya, merupakan peran yang sempurna untuk membantu saya mencapai tujuan."
  • Keinginan untuk belajar. "Dalam lima tahun ke depan saya ingin belajar keterampilan baru, mengambil tanggung jawab ekstra dan mudah-mudahan melihat diri saya maju ke tingkat berikutnya."
Loyalitas dan komitmen mungkin merupakan konsep paling penting untuk diartikulasikan ketika memberikan perkiraan lima tahun Anda ke depan. Berikan jaminan pada calon perusahaan Anda, Anda akan tetap nyaman dalam jangka panjang di perusahaan mereka.

2. Jual Diri
Selain mengatakan apa yang Anda harapkan dari posisi yang ditawarkan, Anda juga harus mengatakan apa yang Anda bawa untuk posisi dan perusahaan tersebut. Ini adalah kesempatan yang sempurna untuk menyoroti kekuatan, keterampilan dan pengalaman utama Anda. Mulailah dengan mencerminkan riwayat pekerjaan terakhir Anda, kemudian proyeksikan ke depan, ke lima tahun ke depan. Ini juga menunjukkan seberapa jauh Anda telah berpengalaman.

Berikut ini sebagai contoh:
  • "Mengingat saya telah menghabiskan 5 tahun terakhir untuk mengembangkan kemampuan saya dalam penelitian biologi dan analisis biokimia, saya ingin menghabiskan 5 tahun ke depan sepenuhnya dengan memanfaatkan keterampilan ini di perusahaan XYZ. Dengan membawa keterampilan saya untuk peran ini, saya melihat potensi besar di Perusahaan XYZ untuk mengembangkan berbagai macam obat-obatan selama tiga sampai lima tahun ke depan. "
Rancang jawaban Anda untuk menunjukkan Anda sangat cocok untuk peran tersebut. Berikan kesan Anda berdedikasi untuk perusahaan dan ingin bergerak maju. Seringkali orang saat wawancara kerja benar-benar terfokus pada apa yang perusahaan dapat lakukan untuk mereka. Tampilkan apa yang dapat Anda lakukan untuk perusahaan dan tingkatkan kesempatan Anda untuk dipekerjakan.

3. Balik Bertanya
Setelah memberi jawaban Anda, ambil kesempatan untuk kembali mengajukan pertanyaan. Tanyakan pewawancara:
  • "Apakah Bapak keberatan jika saya bertanya apa saja peluang peningkatan posisi ini dalam tiga sampai lima tahun ke depan?"
Ini merupakan strategi yang sangat baik bagi Anda sebagai pemohon. Ini memberitahu pewawancara bahwa Anda tertarik untuk belajar lebih banyak tentang peluang jangka panjang. Anda juga akan mendapatkan wawasan tentang apa yang majikan harapkan dari pemohon yang berhasil.

Sebagai bonus tambahan, membuat Pewawancara berbicara tentang posisi tersebut membantu mereka membayangkan Anda dalam peran tersebut. Hal ini membuat Anda menjadi calon yang lebih berkesan, meningkatkan peluang Anda untuk memenangkan pekerjaan.

Jangan Katakan
Sekarang Anda tahu apa yang harus Anda katakan, ada juga beberapa "larangan" ketika menjawab pertanyaan ini:
  • Jangan katakan Anda ingin berada di posisi Pewawancara.
  • Jangan menunjukkan posisi ini adalah batu loncatan ke posisi yang Anda inginkan.
  • Jangan katakan Anda tidak tahu, atau tidak peduli.
  • Jangan fokus pada kehidupan pribadi Anda. Tidak perlu untuk menyebutkan rencana perjalanan atau keluarga.
Sebenarnya, tidak ada calon pekerja tahu persis di mana mereka akan berada dalam lima tahun ke depan. Namun, tidak tepat bila menjawab pertanyaan-jangka panjang ini tanpa berpikir terlebih dahulu. Sangat mudah untuk memastikan Anda memberikan jawaban yang bagus. Cukup ikuti panduan ini, jujur dan rencanakan respons Anda di depan.



IndoEnergi Home