Tips Mewujudkan Karir Impian Anda

Jika Anda beruntung, Anda sudah meniti karir ideal Anda. Namun, mungkin karir impian masih menghindar Anda dan Anda bertanya-tanya apakah mimpi itu akan pernah menjadi nyata?

Mungkin ada banyak cara untuk mewujudkannya dari yang Anda bayangkan.

Tanyakan Kepada Diri Anda Pertanyaan Penting Ini
Mungkin, ketika Anda berpikir tentang karir impian Anda, Anda membayangkan diri Anda dengan jenis pekerjaan tertentu. Jika itu yang terjadi, ada pertanyaan penting untuk ditanyakan pada diri sendiri. Apakah yang Anda inginkan benar-benar pekerjaan itu, atau perasaan yang akan Anda dapatkan ketika Anda memperolehnya?

Berikut adalah gambarannya:

Hilman adalah seorang siswa SMU yang akan memasuki masa pendidikan universitas. Dari dulu, ia ingin belajar ilmu dan menjadi seorang ahli geologi. Setiap kali Hilman berpikir tentang karir impiannya, ia membayangkan dirinya menjelajahi daerah terpencil dan mengekplorasi sumber daya mineral di sana.

Baru-baru ini, Hilman menyadari daya tarik sebenarnya tidak benar-benar pada geologi, tapi rasa kemerdekaan yang datang ketika bekerja di luar ruangan. Wawasan ini memberinya lebih banyak pilihan untuk mengejar karir. Hilman mungkin masih menjadi ahli geologi, tapi ia juga mempertimbangkan karir lain termasuk konsultan lingkungan dan surveyor.

Menjejak Tanah
Meskipun mengejar karir merupakan hal yang sehat, tetaplah menjejak tanah. Berikut ini beberapa alasannya:
Kompetisi. Misalnya, sangat sedikit orang yang menjadi CEO atau Pimpinan. Bersiaplah untuk bekerja lama dan keras untuk mencapai puncak.
Keluarga dan orang yang dicintai. Apakah karir impian Anda mengantar Anda ke lokasi terpencil, upah yang lebih sedikit atau perubahan gaya hidup lainnya? Pertimbangkan efek pada hubungan Anda atau perhatian pada orang-orang yang bergantung pada Anda.
Realitas praktis. Kita tidak bisa semuanya menjadi manajer keuangan atau novelis terlaris. Lakukan cek realitas sebelum mengejar karir impian Anda.
• Penting juga untuk mengajukan tiga pertanyaan penting pada diri sendiri:
   - Apakah saya memiliki bakat untuk karir impian saya?
   - Apa keterampilan baru atau kualifikasi yang saya perlukan, dan bagaimana saya akan mendapatkan mereka?
   - Apakah saya harus pindah ke kota lain, provinsi lain atau luar negeri untuk mengejar karir impian?

Lakukan Penelitian
Cari tahu sebanyak mungkin tentang cara praktis mengejar karir impian Anda, di mana peluangnya, dan siapa yang harus dihubungi untuk mendapat bimbingan dan informasi.
Tanyakan pada orang-orang yang bekerja dalam bidang serupa. Orang yang bekerja dalam bidang tertentu seringkali sangat senang untuk memberikan nasihat mengenai pekerjaan tersebut kepada orang lain.
Cari tahu pimpinan potensial. Website perusahaan dan layanan media sosial dapat memberikan informasi seperti nama-nama pembuat keputusan yang Anda butuhkan untuk Anda ketahui, dan proyek-proyek saat ini dan masa depan di mana keterampilan Anda mungkin dibutuhkan.
Menganalisis iklan pekerjaan. Iklan pekerjaan biasanya memuat poin-poin berharga mengenai keterampilan dan pengetahuan yang dicari calon bos Anda. Gunakan mereka untuk membantu Anda mengidentifikasi pelatihan dan pengalaman yang Anda butuhkan.

Pikirkan tentang Pekerjaan Anda Saat Ini
Karir impian Anda bisa merupakan tetap bekerja di perusahaan Anda saat ini dan mendapatkan promosi yang memberikan tantangan dan tanggung jawab baru pada Anda.

Rencanakan Langkah Anda
Lihatlah siapa Anda saat ini, dan orang-orang  yang akan Anda temui dalam karir impian Anda. Kemudian petakan tindakan yang harus Anda ikuti untuk mendapatkannya.
Contoh kasus: Rosi memiliki kualifikasi teknis dan bercita-cita untuk mendapatkan peran sebagai manajer senior. Setelah mengamati sejumlah eksekutif dalam industri, Rosi mencatat bahwa mereka semua memiliki :

  • Standar presentasi pribadi yang sangat baik.
  • Keterampilan berbicara di depan umum yang kuat.
  • Jaringan kontak bisnis yang luas.
  • Keterampilan manajemen orang.
  • Keterampilan manajemen bisnis.

Rosi sekarang bekerja dengan menggunakan pakaian yang lebih resmi. Dia bergabung dengan organisasi pendidikan, mengajar untuk membantu mengatasi rasa takutnya berbicara di depan umum, dan asosiasi industri di mana ia dapat mulai membangun jaringan. Rosi juga telah terdaftar dalam kursus singkat tentang manajemen dan tahun depan akan mulai mengejar ijazah manajemen bisnis di tingkat universitas.

Bersabarlah, mungkin belum untuk saat ini
Perubahan karir sering merupakan proses bertahap. Anda perlu memiliki kesabaran dan dedikasi untuk belajar keterampilan baru, mendapatkan kualifikasi dan pengalaman baru, dan menemukan lowongan yang Anda butuhkan. Tetap bekerja menuju tujuan Anda dan persiapkan diri untuk menggapai peluang ketika ia menghampiri.



IndoEnergi Home