Tips Sukses Wawancara Kerja

Persiapan wawancara kerja yang tepat akan membuat Anda memasuki ruang wawancara dengan penuh percaya diri. Undangan untuk wawancara menunjukkan bahwa Anda telah mengajukan resume yang baik dan perekrut terkesan dengan surat lamaran Anda. Langkah selanjutnya adalah bersiap-siap untuk wawancara yang sebenarnya. Berikut ini tips untuk melakukan persiapan wawancara pekerjaan Anda lebih mudah.

Lakukan Hal Mendasar dengan Benar
Tugas persiapan pertama Anda adalah merencanakan hari wawancara Anda. Periksa alamat jalan dan rencanakan transportasi, keberangkatan dan kedatangan Anda. Anda harus tiba setidaknya 20 menit lebih awal. Lebih awal berarti memberi Anda waktu buffer jika Anda harus mengalami kesulitan menuju kantor. Anda juga mungkin perlu waktu untuk mengisi formulir HR sebelum releks sejenak dan mengambil napas dalam-dalam! Jika Anda adalah orang yang mengorganisir diri dengan baik, Anda tidak akan kesulitan sampai ke tempat wawancara tepat waktu. Jika Anda adalah tipe orang yang selalu terlambat, jangan biarkan diri Anda terlambat kali ini! Seorang perekrut tidak akan terkesan jika mereka dipaksa untuk menunggu Anda. Keterlambatan biasanya menjadi deal breaker dalam proses perekrutan. Menelepon untuk mengatakan Anda terlambat tidak menjadi alasan keterlambatan Anda.

Tahu Apa yang Diharapkan
Pastikan Anda tahu apakah Anda akan diwawancarai satu-satu, atau oleh sebuah panel perekrut tenaga kerja. Apakah wawancara Anda berlangsung 15 menit atau 2 jam? Apakah Anda akan diminta untuk audisi, melakukan presentasi atau menunjukkan keterampilan? Mengetahui hal-hal di muka mengurangi kecemasan dan memungkinkan Anda untuk melakukan wawancara lebih baik. Buat sambungan telpon ke kantor calon perusahaan Anda untuk mendapatkan informasi.

Rencanakan Penampilan Anda
Tinggalkan kesan pertama yang baik agar Anda memperoleh kesempatan yang lebih baik. Lakukan usaha untuk memoles diri Anda dan ciptakan kesan pertama yang mengesankan. Tujuan Anda adalah untuk menciptakan citra profesional dan menyenangkan. Datang lebih awal adalah awal yang baik. Pastikan untuk merencanakan:
Apa yang akan Anda pakai - Hari-hari ini, perusahaan telah menjadi lebih santai. Jika calon perusahaan Anda memiliki standar pakaian kasual, mungkin dapat diterima bagi Anda untuk memakai pakaian bisnis kasual saat wawancara kerja. Jika Anda tidak yakin, buat panggilan telepon ke kantor perekrut Anda dan bertanya. Kecuali perekrut Anda secara khusus meminta Anda untuk memakai pakaian kasual, mengenakan jas dan dasi biasanya taruhan yang aman, jelas hal ini tidak akan merugiakan Anda.
• Rapi - Perhatian pada detail-detail kecil akan memberi Anda kesan rapi, citra profesional yang mengesankan. Pastikan sepatu Anda disemir, rambut Anda rapi dan bersih dan kuku Anda terawat. Pria harus selalu bercukur bersih dengan rambut wajah tertata rapi.
• Apa yang akan Anda bawa - Sebuah file dokumen kecil akan menambah citra profesional Anda. Hal ini juga menunjukkan Anda telah menginvestasikan waktu dan usaha dalam persiapan wawancara kerja Anda. File harus berisi semua informasi yang berkaitan dengan pekerjaan. Bahkan jika Anda telah mengirimkan mereka, selalu bawa salinan formulir lamaran kerja lengkap dan resume Anda. Item lainnya adalah surat referensi, sertifikat, lisensi dan foto identitas. Daftar pertanyaan yang ingin Anda tanyakan selama wawancara juga berguna. Opsional, bawa cetakan iklan pekerjaan asli dan informasi resmi tentang calon perusahaan Anda. Hal ini akan mengesankan pewawancara karena menunjukkan Anda telah melakukan penelitian Anda dan Anda tertarik bekerja di perusahaan itu.
• Apa yang akan Anda katakan - Siapkan apa yang akan Anda katakan dengan berlatih sebelum wawancara Anda. Perhatikan empat teknik percakapan. Pertama, ucapan Anda. Pikirkan tentang bagaimana Anda akan menyapa pewawancara Anda. Bila memungkinkan, sebutkan nama mereka. Misalnya, mengatakan "Selamat Siang Pak Imron, senang bertemu dengan Anda." Kedua, mempersiapkan respon Anda untuk pertanyaan wawancara umum (lihat di bawah). Ketiga, persiapkan pertanyaan yang akan Anda ajukan (lihat di bawah). Keempat, persiapkan ucapan perpisahan positif. Misalnya, "Saya menikmati percakapan kita hari ini. Saya tahu saya akan mendapatkan hasil yang sangat baik dengan bekerja di perusahaan XYZ dan saya tentu saja sangat tertarik pada posisi tersebut. " Ketika Anda mengakhiri wawancara, bagus juga bila Anda menanyakan kapan Anda bisa mendapatkan hasilnya dan tawarkan untuk meninggalkan salinan resume Anda.

Siapkan Jawaban untuk Pertanyaan Wawancara
 Tidak diragukan lagi Anda akan menikmati beberapa pertanyaan mudah (seperti "Berapa lama Anda bekerja di industri ini?"), Tetapi sebagian besar pertanyaan akan lebih kompleks.
Pertanyaan yang umum meliputi:
• "Mengapa Anda ingin bekerja pada posisi ini?"
• "Jika Anda dihadapkan dengan dilema XYZ, bagaimana Anda akan menghadapinya?"
• "Sepertinya Anda memiliki banyak pengalaman dengan ABC. Bisakah Anda ceritakan lebih jauh? "
• "Resume Anda mengatakan Anda meningkatkan penjualan sebesar 200% dalam 3 bulan di posisi terakhir Anda. Bagaimana Anda mencapai hasil tersebut? "

Sadarilah bahwa pewawancara sering mengajukan pertanyaan sulit atau sengaja negatif seperti:
• "Apa kelemahan Anda?"
• "Kapan Anda gagal memenuhi target penjualan Anda dan apa masalahnya?"
• "Pada saat apa Anda mengalami kesulitan bekerja dengan anggota tim lainnya?" 

Ketika dihadapkan dengan pertanyaan seperti itu, berikan jawaban Anda secara positif. Sebagai contoh, menjawab pertanyaan pertama di atas, kelemahannya mungkin Anda adalah orang yang perfeksionis. Sebagai seorang perfeksionis, Anda memiliki kesulitan meninggalkan pekerjaan yang belum selesai dan sering bekerja lembur. Bagi calon perusahaan Anda, kelemahan pribadi Anda akan menjadi keuntungan.

Siapkan wawancara Anda dengan menuliskan jawaban atas pertanyaan ini. Jaga jawaban Anda tetap fokus, selalu kaitkan pengalaman kerja masa lalu Anda dengan persyaratan posisi yang ditawarkan.

Setelah Anda telah menulis jawaban Anda, berlatihlah untuk mengatakan dengan suara keras. Berlatih berbicara tentang pengalaman pekerjaan sebelumnya, keberhasilan Anda, bagaimana Anda mengatasi hambatan dan aspirasi masa depan Anda dengan perusahaan baru.

Siapkan Pertanyaan
Mungkin akan ada kesempatan bagi Anda untuk mengajukan pertanyaan selama wawancara. Jangan buang waktu dengan pertanyaan-pertanyaan tak penting. Sebaliknya, ajukan pertanyaan bijaksana yang dirancang untuk memberikan keunggulan kompetitif bagi Anda. Ajukan pertanyaan strategis seperti:
• "Pak Imron, apa yang paling Anda sukai tentang bekerja di perusahaan ini?" - Ini adalah pertanyaan untuk membangun hubungan. Meminta pewawancara untuk berbicara tentang diri mereka akan membentuk hubungan pribadi, dengan demikian meningkatkan kesempatan Anda untuk diingat setelah wawancara.
• "Apa tujuan penjualan Departemen Barang Konsumsi pada tahun anggaran berikutnya?" Mengajukan pertanyaan seperti ini menunjukkan pemahaman Anda tentang industri. Premis strategis di balik pertanyaan ini adalah untuk menjual diri Anda dengan halus mengenai pengetahuan dan pengalaman Anda.
Selain pertanyaan-pertanyaan strategis, ingatlah untuk mengajukan pertanyaan-evaluasi pekerjaan sederhana. "Apa yang akan menjadi tanggung jawab saya sehari-hari dalam posisi ini?" dan "Apa target penjualan yang diharapkan dari saya?" Adalah dua contoh pertanyaan yang bisa Anda ajukan.

Memenangkan Wawancara
Wawancara tidak pernah terdiri dari satu sisi, jadilah berani saat mengajukan pertanyaan Anda. Sehingga wawancara berjalan dua arah. Jangan hanya berfokus pada 'mendapatkan pekerjaan'. Anda harus mengevaluasi apakah pekerjaan itu tepat untuk Anda. Pewawancara biasanya akan memberitahu Anda apakah Anda harus menunggu sampai akhir wawancara untuk mengajukan pertanyaan, atau apakah Anda dapat bertanya setiap saat.

Wawancara adalah kesempatan baik untuk menjual diri. Bila dipersiapkan dengan baik akan membantu Anda santai dan memberi Anda keyakinan sepanjang wawancara. Sebagaimana kata pepatah "kesuksesan datang ketika kesempatan bertemu dengan persiapan", sehingga lakukanlah persiapan wawancara kerja Anda dan bersiap-siaplah untuk sukses!


IndoEnergi Home