Diskriminasi di Tempat Kerja

Diskriminasi terjadi ketika seseorang menerima perlakuan yang kurang menyenangkan; dan diskriminasi dapat melanggar hukum. Hindari diskriminasi terhadap orang lain, dan ketahui bagaimana meresponnya jika seseorang mendiskriminasikan Anda.

Jenis diskriminasi
Diskriminasi terjadi dalam banyak cara. Berikut adalah beberapa jenis yang sering kali dialami di tempat kerja, dengan contoh masing-masing.
Gender. Sebagai contoh, seorang manajer menolak memberi seseorang promosi yang pantas dia dapatkan karena dia seorang perempuan.
Usia. Sebagai contoh, seorang manajer kantor menggantikan resepsionis tua berumur 55 tahun dengan karyawan baru berusia 20 tahun yang tidak berpengalaman.
• Etnis. Sebagai contoh, seorang manajer kurang menyukai bawahan dari etnis tertentu.
Cacat. Misalnya, seorang majikan menolak untuk menginstal perangkat lunak screen reader untuk pekerja kantor yang mengalami masalah dengan penglihatannya yang membuatnya sulit membaca layar komputer.
Status pernikahan. Sebagai contoh, karyawan yang mulai menggosip tentang status pernikahan karyawan yang lain.

Kapan "diskriminasi" dilegalkan?
Ada beberapa jenis diskriminasi yang dilegalkan. Dalam arti luas, pengecualian ini umumnya berhubungan dengan keselamatan kerja atau masalah-masalah praktis seperti kemampuan fisik untuk melakukan pekerjaan. Berikut ini adalah dua contoh yang umum.
Mewajibkan karyawan untuk berbicara bahasa Inggris. Hal ini dapat diterima ketika keselamatan kerja tergantung pada setiap orang yang mampu memahami satu sama lain.
Menghindari tenaga kerja penyandang cacat. Hal ini dapat diterima ketika pekerjaan membutuhkan kemampuan fisik yang spesifik untuk menyelesaikan persyaratan pekerjaan, misalnya mengangkat atau membawa beban berat.

Bagaimana diskriminasi mempengaruhi orang-orang di tempat kerja?
Kita semua harus menyadari bahaya yang dapat ditimbulkan diskriminasi. Diskriminasi mempengaruhi orang dalam banyak hal, termasuk tingkat gaji yang lebih rendah, penilaian kinerja tidak adil, penolakan kesempatan pelatihan atau promosi, pengangguran, kehilangan martabat dan tingkat stres yang tinggi.

Tanggung jawab peerusahaan Anda
Perusahaan Anda bertanggung jawab untuk memastikan tempat kerja yang bebas diskriminasi dan mungkin bertanggung jawab secara hukum atas diskriminasi yang terjadi di tempat kerja, atau yang berhubungan dengan pekerjaan.

Perusahaan Anda mungkin juga bertanggung jawab atas tindakan kontraktor, agen dan pihak eksternal lainnya serta karyawan langsung.

Untuk menjalankan tanggung jawab, perusahaan Anda harus membuktikan bahwa mereka melakukan segala sesuatu yang mungkin, dengan alasan, untuk mencegah diskriminasi terjadi.

Anda dapat bertanggung jawab atas diskriminasi
Sebagai seorang pekerja individu, Anda dapat secara pribadi bertanggung jawab atas tindakan diskriminasi. Tergantung pada keadaan, hukum mungkin mengatakan Anda berbagi tanggung jawab dengan pekerja lain atau atasan Anda. Anda mungkin juga bertanggung jawab atas diskriminasi jika Anda membiarkan hal itu terjadi kepada orang lain.

Apa yang harus dilakukan jika Anda didiskriminasikan
Jika memungkinkan, tindakan pertama Anda sebagai seseorang yang terdiskriminasi adalah berbicara dengan orang yang melakukan diskriminasi tentang apa yang mereka lakukan. Jelaskan bagaimana hal tersebut mempengaruhi Anda dan minta mereka untuk berhenti.

Jika ini tidak berhasil atau Anda merasa tidak nyaman melakukan hal tersebut, bicarakan dengan manajer Anda atau departemen sumber daya manusia di perusahaan Anda. Anda mungkin perlu menyampaikan keluhan secara tertulis dan mengikuti proses aduan resmi untuk kasus diskriminasi serius.

Anda juga harus menyimpan catatan tertulis tentang rincian setiap kejadian sehingga Anda dapat mendukung klaim Anda.

Jika Anda tidak dapat mencapai penyelesaian yang memuaskan dari keluhan Anda dalam perusahaan Anda, langkah selanjutnya adalah menghubungi instansi terkait, badan pemerintah terkit, atau Komnas Hak Asasi Manusia Indonesia.


IndoEnergi Home