Sisi Positif PHK

Jika Anda baru saja diberhentikan, Anda mungkin mengalami peningkatan emosi - dari kemarahan dan depresi hingga keikhasan dan harapan. Penelitian mengungkapkan, menyusul kejutan awal, orang akhirnya mengakui sisi positif PHK. "Ini adalah hal terbaik yang pernah terjadi padaku," adalah reaksi umum untuk seseorang yang mampu mengatasi PHK.

Jika Anda sedang mencari hal positif dari PHK, artikel ini akan membantu Anda melihat sisi positif menjadi pengangguran yang memiliki modal.

Uang Tak Terduga
Anda akan mendapat uang pesangon bila di-PHK. Jika Anda sudah bekerja dalam jangka panjang, jumlah pesangon ini bisa menjadi rejeki nomplok yang cukup besar.

Cara terbaik adalah dengan menghabiskan sedikit dari pesangon Anda sampai Anda mulai mendapatkan pendapatan baru. Apakah Anda menemukan pekerjaan baru, atau memulai bisnis baru, Anda akan memerlukan uang untuk membiayai hidup Anda untuk sementara.

Jika Anda cukup beruntung untuk menerima jumlah uang yang sangat besar, pertimbangan dengan hati-hati bagaimana Anda menghabiskannya. Jangan tergoda pada dorongan belanja. Sebaliknya, tempatkan uang pesangon Anda ke rekening tabungan bunga tinggi sampai Anda memutuskan bagaimana menggunakan uang itu. Buat keputusan yang bijaksana untuk menuai keuntungan keuangan dari uang pesangon Anda selama bertahun-tahun yang akan datang.

Waktu untuk Memfokuskan Diri Kembali
Bagi banyak orang, PHK seperti liburan paksa. Bahkan, mungkin menjadi saat pertama kalinya dalam beberapa tahun dimana Anda harus beristirahat dari pekerjaan. Tergantung pada ukuran pesangon, Anda harus memiliki setidaknya cukup uang untuk membiayai hidup Anda saat ini untuk beberapa minggu. Berati-hati dan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu akan memperpanjang waktu yang tersedia.

Gunakan waktu dengan bijak untuk memfokuskan diri kembali dan menilai kembali tujuan hidup Anda. Tergantung pada tujuan Anda, pesangon Anda dan waktu yang tersedia, Anda dapat memutuskan untuk mengejar perubahan di karir Anda.

Peluang Baru
Tanyakan diri Anda bagaimana Anda ingin mengubah kehidupan kerja Anda. Apakah Anda ingin bekerja lebih sedikit, mengubah karir Anda, mendapatkan lebih banyak uang atau mencari peluang di bidang yang sama? PHK adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan kondisi Anda. Jika Anda siap untuk perubahan, pikirkan ide-ide berikut.
Ubah Karir – Bimbingan karir profesional dapat membantu Anda mengidentifikasi kekuatan pribadi dan keterampilan kerja Anda. Anda akan segera menemukan banyak keahlian yang cocok untuk berbagai industri. PHK adalah waktu yang tepat untuk memulai karir yang menarik dalam industri yang sama sekali baru.
• Menjadi Bos Bagi Diri Sendiri - Mungkin Anda telah lama ingin menjadi bos bagi diri sendiri. Dengan waktu di tangan Anda dan uang tunai untuk berinvestasi, PHK memberi Anda kesempatan untuk memulai bisnis Anda sendiri. Anda dapat mulai bisnis kecil dengan menerima pekerjaan sebagai kontraktor atau freelancer.
Asah keterampilan - Perusahaan sering memberikan dukungan keuangan untuk pelatihan sebagai bagian dari paket pesangon. Atau, Anda dapat mendanai pelatihan dengan uang pesangon Anda. Pikirkan tentang meningkatkan keterampilan Anda, atau mendapatkan keterampilan dalam bidang yang sama sekali baru.
• Ubah Hidup Anda - Tidak hanya tekait dengan pekerjaan, PHK tidak hanya menawarkan Anda kesempatan untuk berganti perusahaan, tapi memberikan Anda kesempatan untuk pindah rumah. Jika Anda sudah pernah memikirkan untuk pindah antar provinsi atau tinggal di luar negeri, PHK memberikan kesempatan yang sempurna untuk melakukannya.

Tetap Positif
Seperti yang Anda lihat, ada keuntungan yang signifikan karena PHK. Luangkan waktu untuk meratapi hilangnya pekerjaan, tetapi jangan terpaku terlalu lama. Tidak diragukan lagi Anda awalnya akan merasa shock, sedih, bingung, ragu dan perasaan negatif lainnya. Kunci untuk bergerak maju adalah tetap proaktif dalam perencanaan karir baru Anda.

Lihat PHK Anda dalam cahaya yang positif. Alih-alih menonton televisi, merasa tertekan dan bertanya "mengapa saya?", fokuskan pikiran Anda pada masa depan. Habiskan hari-hari Anda baik dengan mencari pekerjaan, atau mengejar kesempatan yang tercantum dalam artikel ini.


IndoEnergi Home