Tips Mendapatkan Promosi Kerja

Promosi kerja merupakan tonggak penting dalam karir. Cari tahu bagaimana memanfaatkan kesempatan ini untuk Anda.

Keinginan Untuk Mendapatkan Promosi

Beberapa promosi terjadi secara tak terduga, misalnya jika tiba-tiba terjadi kekosongan dan manajer Anda meminta Anda untuk menjalankan peran tersebut. Namun, cara umum untuk mendapatkan promosi biasanya memerlukan pemikiran jangka panjang, kerja keras, kinerja tinggi dan konsisten dalam pekerjaan Anda saat ini.

Pastikan Anda Benar-benar Menginginkannya

Sebelum Anda mulai serius mengejar promosi, Anda perlu memutuskan apakah hal tersebut benar-benar Anda inginkan. Ya, promosi berarti kemajuan karir, mendapat gaji lebih banyak, pengakuan publik atas kemampuan Anda dan mungkin meningkatkan status di tempat kerja dan di komunitas Anda.
Namun, tentu ada imbalannya. Dengan promosi, Anda juga dapat memperoleh beban kerja yang berat, tanggung jawab lebih, bekerja lebih lama dan mungkin lebih stres.

Mempersiapkan Diri untuk Promosi

Mencari kesempatan. Sebagian besar promosi tidak ada hubungannya dengan keberuntungan. Untuk memenangkan promosi, Anda harus bekerja dengan baik dan tahu bagaimana menjual diri.
Berpikir strategis. Kadang-kadang Anda harus berpikir beberapa langkah ke depan. Jalan Anda ke posisi tertentu mungkin melibatkan posisi antara. Karir batu loncatan ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan pengalaman penting dan mengarah ke peluang besar.
Melakukan pengembangan pribadi. Keterampilan baru, keyakinan diri dan pandangan baru terhadap kehidupan dapat membantu kearah peluang promosi Anda.
• Mengelola persepsi. Sebagaimana Anda harus memiliki keterampilan, pengalaman dan kualifikasi yang baik, Anda juga harus mengelola persepsi orang lain tentang Anda.
Manfaatkan penilaian kinerja. Ini adalah kesempatan yang sempurna untuk mendiskusikan aspirasi Anda dengan atasan Anda.
Tampilkan kesiapan Anda. Bersedia untuk menghadapi tantangan di luar deskripsi pekerjaan normal Anda. Ini adalah cara yang baik untuk menunjukkan kesiapan Anda untuk promosi.

Menciptakan Peluang Promosi

• Tunjukkan minat Anda. Jika ada peluang promosi dan Anda menginginkannya, pastikan pihak pembuat keputusan yang relevan tahu bahwa Anda tertarik. Ini adalah saat yang tepat untuk menjual diri.
Mencoba lowongan internal. Dalam beberapa perusahaan, ini merupakan proses formal yang membutuhkan banyak persiapan dan perhatian terhadap detail seperti halnya saat melamar pekerjaan baru.
• Tunjukkan keseriusan Anda. Ketika Anda mengatakan “ya” untuk peluang promosi, mungkin kinerja Anda akan diawasi. Jangan pernah berasumsi bahwa promosi Anda merupakan kepastian sampai ada ketentuan pasti.

Bila Anda Menerima Promosi

Melangkah ke posisi baru Anda. Akan ada periode penyesuaian ketika Anda mendapatkan posisi baru Anda. Normal bila Anda membutuhkan waktu untuk beradaptasi.
Fokus ke depan. Hindari kesalahan umum seperti sombong atas seorang rekan yang tidak berhasil promosi. Jadilah rendah hati dan fokus untuk membuktikan bahwa Anda layak promosi.

Catatan Tentang Perencanaan Karir

Mendapatkan promosi merupakan salah satu cara menciptakan masa depan yang Anda inginkan. Tapi, jangan cepat puas, Anda masih harus tetap menumbuhkan semangat dan konsistensi untuk terus mengembangkan karir Anda.


IndoEnergi Home